Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Syarat Pendaftaran dan Cara Daftar Bidikmisi Tahun 2019

Syarat Pendaftaran dan Cara Daftar Bidikmisi Tahun 2019
Konten [Tampil]
Syarat Pendaftaran dan Cara Daftar Bidikmisi Tahun 2019
www.azid45.web.id - Syarat Pendaftaran dan Cara Daftar Bidikmisi Tahun 2019. Pada kesempatan kali ini saya akan share bagiamana cara mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa bidikmisi. Tidak disangka sudah 5 tahun lebih saya lulus dari MA Muhammadiyah 1 Paciran Lamongan dan saya masih ingat waktu itu saya daftar ke perguruan tinggi kurang lebih 4 kali baru bisa masuk perguruan tinggi dengan jalur beasiswa bidikmisi ini. Ya, saya adalah seorang dengan keluarga yang sederhana dimana Allah memberikan saya rezeki berupa sekolah gratis mulai kelas IX MTs. Pertama kali saya mendapatkan beasiswa prestasi adalah saat dimana saya mengkitui diniyah dari pondok pesantren karangasem Paciran. Tak disangka memang saya bisa mendapatkan kebanggaan seperti itu, dan alhamdulillah hal tersebut berlanjut pendidikan formal saat mulai sekolah di tingkat SLTA MA Muhammadiyah 1 Paciran Lamongan. Setiap midle dan semester selama 3 tahun saya mendapatkan beasiswa prestasi tersebut yang tentunya mengurangi beban orang tua saya untuk biaya sekolah.

Hal ini juga berlanjut saat saya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Dengan mengikuti beberapa jalur mulai jalur undangan dengan beasiswa bidikmisi, jalur SNMPTN Tulis yang sekarang diganti nama menjadi SBMPTN Tulis dengan jalur beasiswa bidikmisi, Jalur SPMB atau jalur Beasiswa prestasi untuk pondok pesantren dan jalur SNMPTKIN khusus Universitas Islam yang tentunya dengan jalur beasiswa bidikmisi pula.

Dari yang pernah saya lalui tersebut, baru saya menftarkan diri SNMPTKIN jalur beasiswa yang tentunya saat mendaftarkan ke bank mandiri sampai pada hari H menggunakan uang hasil beasiswa saya saat kelas XII MA. Dan alhamdulillah Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk lolos dan lulus Verifikasi beasiswa bidikmisi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mungkin disaat saya sudah menyerah tidak mengkuti lagi pendaftaran karena sudah gagal 3 kali bisa jadi saya tidak akan dapat kuliah disana.

Dengan kuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya prodi Pendidikan bahasa Arab ini saya juga mendaptakan beasiswa lanjut ke Strata 2 (S2) dengan prodi yang sama. Meskipun saya lulus tergolong telat, yakni semseter 9 namun saya tetap bersyukur karena dengan ketelatan saya, saya mendapatkan beasiswa prestasi lagi untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi di strata tingkat 2.

Perjalanan saya tersebut salah satunya adalah karena ridhanya Orang tua. Dimana dalam hadits menyebutkan, "Ridhanya Allah pada ridhanya orang tua, dan Murkanya Allah pada murkanya orang tua"

baca juga: 10 Tips agar lolos SBMPTN Tulis Tahun 2019

Dengan semua itu, mungkin teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun belum ada dana janganlah risau dan khawatir. Teruslah berusaha mencari beasiswa, karena di Indonesia sekarang ini banyak sekali beasiswa baik itu beasiswa yang akan masuk perguruan tinggi maupun beasiswa saat teman-teman menjadi mahasiswa. Salah satu beasiswa yang akan masuk perguruan tinggi adalah beasiswa bidikmisi, meskipun diperguruan Universitas Islam Negeri memiliki kebijakan yang berbeda terkait bidikmisi yaitu harus menjadi mahasiswa terlebih dahulu baru bisa daftar bidikmisi dimana kebijakan ini ada sejak tahun 2013 yaitu satu tahun setelah saya sebagai mahasiswa bidikimisi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Apakah Bidikmisi itu?
Baik, itulah tadi serangkaian pengalaman saya mengikuti bidikmisi mungkin dengan pengalaman saya tersebut dapat memotivasi teman-teman agar tetap optimis dan selalu optimis.

Sebelum lanjut ke cara pendaftaran dan syarat bidikmisi kita perlu mengetahui apa itu bidikmisi?. Secara umum bidikmisi merupakan sebuah program bantuan pendidikan oleh pemerintah yang diselenggarakan sejak era presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bantuan pendidikan ini, tidak hanya berfokus pada siswa berprestasi saja namun diperuntukan bagi siswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi di sekolahnya. Jadi bagi teman-teman yang merasa sudah mampu untuk membiayai kuliahnya maka jangan ikut program ini. Selain sama halnya dengan mengambil rezeki orang lain, juga memang tidaklah pantas teman-teman yang sudah mampu namun tetap merasa belum mampu. (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi)

Ibarat dalam al-Qur'an surat Ibrahim "dan sungguh aku (Allah) akan menambah rezeki bagi mereka yang bersyukur dan akan memberikan siksa yang pedih bagi mereka yang kufur terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT"

baca juga: tips sukses belajar secara online

Apa saja yang saya peroleh dari bidikmisi?
Sebagaimana namanya bahkwa bidikmisi adalah sebuah program bantuan pendidikan oleh pemerintah yang tentunya tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Namun dari beberapa perguruan tinggi pada awal semseter teman-teman mungkin akan dikenai biaya karena dana dari program pemerintah tersebut belum cair dan belum diperoleh perguruan tinggi untuk itulah pada semseter awal teman-teman mungkin mengeluarkan uang. Dari semua itu, jangalah khawatir dan risau karena akan diganti oleh pemerintah dan pihak kampus akan mengembalikan uang yang sudah teman-teman bayarkan sebelumnya yang tentunya dengan syarat terdapat bukti pembayaran berupa kwintansi. Jadi bagi teman-teman yang diterima jalur bidik misi nantinya jangan samapai kwintasi teman-teman hilang.

Selain itu, ada beberapa hal yang diperoleh dari program bidikmisi ini yaitu:

Pertama, Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.

Kedua, Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

Ketiga, Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi

Keempat, Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 - Rp. 750.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Apa Saja Syarat Bidikmisi Tahun 2019
Sebenarnya syarat bidikmisi sudah ada pada portal resmi bidikmisi pada situs https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id namun disini saya akan menuliskan ulang syarat yang harus teman-teman siapkan untuk memperoleh beasiswa bidikmisi;

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.
  2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

PTN dengan pilihan seleksi masuk:
  • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  • Seleksi mandiri PTN.
  • Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya
  • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Bagaimana Cara Daftar Bidikmisi tahun 2019

Bagi teman-teman yang ingin mendaftar bidikmisi tahun 2019, syarat utama yang harus teman-teman lakukan adalah pihak sekolah harus sudah mendaftar calon siswanya sebagai calon mahasiswa dengan jalur bidikimisi di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah baru teman-teman bisa mendaftarkan diri teman-teman sebagai siswa disini https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login. Kedua syarat ini berlaku untuk bidikmisi jalur undangan dan SBMPTN Tulis, namun untuk jalur SPAN PTKIN kemungkinan jalur tersebut sudah tidak berlaku sebagaimana pengalaman saya dulu.

baca juga: cara cepat ingat dalam mata pelajaran

Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa klik portal resminya di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Dan untuk waktu dan jadwal pendaftaran sampai seleksi bidikmisi tahun 2019 bisa lihat disini

No Nama Kegiatan Dibuka Ditutup
1 Pendaftaran Sekolah 31 Januari 2019 30 September 2019
2 Pendaftaran Siswa 01 Februari 2019 31 Oktober 2019
3 SNMPTN 04 Februari 2019 14 Februari 2019
4 Seleksi Mandiri PTN 04 Februari 2019 30 September 2019
5 PMDK-PN 04 Februari 2019 06 April 2019
6 SBMPTN 01 Maret 2019 24 Juni 2019
7 UMPN 15 April 2019 31 Mei 2019
8 Seleksi Mandiri PTS 29 April 2019 30 September 2019

Demikianlah artikel saya tentang Syarat Pendaftaran dan Cara Daftar Bidikmisi Tahun 2019. Semoga bermanfaat. Amin.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar