Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Terbukti 100% Berhasil

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Terbukti 100% Berhasil
Konten [Tampil]
Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog Terbukti 100% Berhasil
www.azid45.web.id - Page speed atau sering kita bilang dengan kecepatan halaman blog saat dimuat oleh pengunjung merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan nilai SEO suatu blog atau website.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan google "bahwa pihak google akan memasukkan faktor kecepatan loading dalam merangking pencarian google". Meskipun faktor kecepatan blog merupakan salah satu dari nilai SEO (Search Engine Optimization) namun jangan sampai kita lalaikan.

Dari status seorang blogger di group facebook pernah menyatakan bahwa visitor blognya mengalami penurunan trafik yang signifikan dan setelah ditelusuri, penyebabnya adalah terkait kecepatan blognya. Sehingga mengakibatkan banyak dari artikel yang biasanya nangkring di pejwan (page one) merosot dan jatuh sangat jauh dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Membuat load more di blogger agar kecepatan blog meningkat

Hal ini juga pernah saya rasakan saat menambahkan script yang dapat memberatkan blog beberapa hari kemudian visitor saya turun drastis dan pada akhirnya saya mengorbankan penampilan blog saya untuk meningkatkan kecepatan blog saya hingga saat ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Blog


Sebelum kita membahas terkait cara mempercepat blog atau website kita langkah awal adalah kita harus tahu faktor yang mempengaruhi website atau blog kita menjadi lambat.

Kecepatan blog sebuah website sejatinya dapat meningkatkan trafik atau pengunjung sebagaimana ungkapan saya sebelumnya. Ibarat "semakin cepat loading situs anda, maka semakin besar pula anda mendapatkan trafik".

Lantas faktor apa saja yang menjadikan blog lelet atau tidak cepat?, berikut ulasannya:

Pertama, Kapasitas Hosting.

Mengapa kapasitas hosting yang menjadi faktor awal blog lelet?. Mungkin dari kalian sering melihat, membaca bahkan barangkali menggunakan hosting dengan harga promo tanpa melihat kapasitas hosting tersebut.

Secara kapasitas, hosting memiliki harga yang berbeda-beda. Semakin tinggi harga maka semakin tinggi kapasitas yang ditawarkan. Oleh karena itu saya menyarankan sebelum membeli hosting lihat dulu spesifikasinya dan kapasitasnya agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Baca juga: Jasa pembuatan webstie dengan wordpress selft hosting harga murah kapasitas terjamin

Soalnya sekarang kebanyakan hosting murah, namun memiliki banyak kendala seperti give away, error 503, galat, time out dan lain sebagainya. Dari hal itu semua tentunya dapat memperlambat loading blog kita, dengan begitu pengunjung tidak akan betah menunggu website kita untuk direndering karena prosesnya yang begitu lama.

Kedua, Widget dan Plugin

Faktor selanjutnya adalah widget dan plugin. Secara umum widget dan plugin ini dapat mempercantikan tampilan blog seperti slider image, popular post, recent post, peta situs dan lain sebagainya.

Akan tetapi perlu di ingat, semakin banyak widget yang ada pada blog anda akan mengakibatkan blog kalian akan berat untuk diakses, mengapa hal tersebut bisa terjadi?. Tidak lain karena website membutuhkan rendering dan load untuk menampilkan semua widget yang ada di blog anda sehingga menyebabkan waktu yang banyak.

Ditambah lagi jika blog anda memiliki widget gambar yang terlalu besar, serta memiliki javascript eksternal maupun hosting pihak ketiga maka akan semakin memperlambat blog anda.

Oleh karena itu saya sarankan untuk anda agar selektif dalam memilih widget. Cukup widget yang dibutuhkan saja seperti popular post agar blog anda memiliki peforma kecepatan dan tidak lelet. Karena sejatinya anda membuat website adalah mencari pengunjung dan menyenangkan pengjung.

Ketiga, Template Blog atau Website

Faktor selanjutnya adalah template blog yang anda gunakan. Template sebuah blog juga dapat mempengaruhi peforma kecepatan blog anda, oleh karena itu jangan asal dalam memilih template sebuah blog.

Setidaknya jika anda menggunakan template agar memiliki peforma kecepatan blog yang maksimal anda harus menggunakan pula template yang SEO Friendly, Responsive, Mobile Friendly, Valid Struktur data, dan Valid HTML5/ AMP. Untuk penjelasan terkait hal itu anda bisa membaca artikel saya tentang ciri template dinamis masa kini.

Agar template yang anda gunakan memiliki kredibilitas dan tanggung jawab lebih baik anda membeli template ke developer secara premium. Dengan membeli template premium selain template anda memiliki peforma yang baik, anda juga akan memperoleh support oleh developer template selama masa waktu tertentu bahkan seumur hidup.

Jika anda bingung membeli template yang bagus untuk blogger saya merekomendasikan kepada anda untuk membeli template di kompiajaib.com, igniel.com atau sugeng.id atau bisa juga template yang saya buat dan modifikasi. hehehe.

Baca juga: Template blogger simple responsive harga murah hanya 100K

Keempat, Iklan Terlalu Banyak

Selanjutnya adalah terkait dengan iklan yang anda gunakan baik itu adsense, mgid, adnow, propeller maupun yang lainnya. Jika anda memasang terlalu banyak iklan maka dapat dipastikan blog anda akan lemot karena perlu memuat hosting dari pihak ketiga.

Oleh karena itu sebaiknya anda harus memilih tempat yang strategis dalam menempatkan iklan agar tidak terlalu banyak menempatkan iklan. Dengan tempat yang strategis seperti diatas postingan, di sidebar, dan diantara postingan selain pemuatan laman tidak lama anda juga akan menghasilkan banyak uang.

Terkait iklan ini, memang kebanyakan dari penyedia layanan harus menanamkan sebuah script agar iklan itu tampil di blog kita contohnya saja adalah iklan dari google adsense. Namun seiring perkembangan zaman, script tersebut dapat di siasati dengan menggunakan lazyload agar pemuatan blog anda tidak lambat.

Baca juga: Membuat blog lebih cepat dengan menggunakan lazyload google adsense

Akan tetapi dengan menggunakan lazyload bisa jadi penghasilan anda sedikit berkurang karena iklan akan muncul setelah blog selesai di render keseluruhan dan ada juga iklan akan baru muncul tatkala blog harus di gulir terlebih dahulu.

Kelima, Image

Secara umum gambar merupakan sarana untuk meningkatkan blog kita menjadi lebih SEO tentunya dalam gambar harus dikasih title dan alt. Dalam otoritas google yang terbaru, setidaknya dalam sebuah artikel minimal memiliki satu gambar.

Bahkan wacana yang ada jika anda ingin diterima oleh google adsense maka dalam setiap artikel anda harus ada minimal satu gambar. Oleh karenanya di era ini banyak para blogger dalam setiap artikelnya terdapat gambar, dan pada setiap postingannya memiliki thumbnail gambar.

Akan tetapi semua itu tentunya dapat mengorbankan peforma kecepatan blog anda. Gambar dapat memperlambat blog saat dimuat terutama gambar yang memiliki ukuran besar. Oleh karena itu saya menyarankan sebelum mengupload gambar yang akan anda sajikan dalam artikel baiknya gambar tersebut di compress terlebih dahulu.

Sekarang banyak sekali penyedia compress gambar secara online tanpa mengubah kualitas gambar seperti gambar tetap baik dan jelas meskipun habis di compress.

Selain di compress ada alternatif lain jika blog anda terlanjur memiliki banyak gambar, yaitu optimasi image dengan menggunakan script lazy load image atau plugin lazy load imgae. Sudah banyak di google para blogger yang share terkait hal itu salah satunya adalah saya sendiri.

Baca juga: Cara mempercepat blog dengan menambahkan lazy load image

Itulah tentang faktor yang mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog atau website. Terus, bagaimana cara agar blog atau website kita memiliki peforma loading blog semakin cepat?. Untuk menjawab hal tersebut, anda bisa menyimak penjelasannya berikuti ini:

Cara Mempercepat Loading Blog atau Website 100% Berhasil


Sebenarnya sudah saya share dalam beberapa artikel terkait cara mempercepat loading blog akan tetapi
Sebenarnya ada banyak tools untuk mengukur kecepatan website, diantaranya adalah PageSpeed Insight dan GTmetrix. Jika kalian cek di pagespeed kurang dari 50/100 maka bisa dikategorikan website kalian termasuk berat.

Pertama, Mengkompress Ukuran CSS dengan Minify CSS

Ada dua cara untuk mengkompress ukuran CSS template blog anda. Cara pertama anda bisa memperkecil ukuran CSS secara otomatis dengan menggunakan script  /*<![CDATA[*/ setelah kode <b:skin> atau <style> dan script  /*]]>*/ sebelum kode </b:skin> atau </style>.

Cara yang kedua adalah anda bisa memperkecil CSS dengan cara manual yaitu mengoptimasi kode CSS dengan menjadikan satu pada setiap kode. Agar mudah anda bisa menggunakan tools minify CSS

Contohnya saja, biasanya kode CSS sebuah template adalah sebagai berikut:

.header{padding:20px 10px;
             margin: auto;
             background:#ffff;
             color:#333;
             }

Untuk mengkompress atau agar ukuran CSS semakin kecil anda perlu mengubahnya seperti ini

.header{padding:20px 10px; margin:auto; background:#fff;color:#333;}

Selain cara diatas, developer blogger kadang pula menggunakan tag conditional untuk mengubah setiap tampilan pada templatenya. Lihat saja template ini pada halaman home page ukurannya tidak lebih dari 1000px akan tetapi pada halaman postingan ukurannya menjadi max-width 1200px dengan berbagai tampilan yang berbeda pula dengan home page.

Hal tersebut dikarenakan tag conditional. Untuk modif template dinamis yang terbaru anda tidak perlu menggunakan tag conditional pada setiap style CSS cukup menggunakan b:css akan mempermudah anda untuk mengoptimasi CSS. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat postingan saya terkait template dinamis di feutured post saya atau bisa lihat di atas (faktor kecepatan blog, ketiga template blog atau website)

Kedua, Kompres Ukuran Gambar

Sebagaimana penjelasan saya pada faktor kecepatan blog point terakhir bahwasanny image adalah satu faktor yang membuat blog kita menjadi lambat. Untuk mengoptimasi gambar tersebut anda perlu mengkompresnya agar ukuran gambar lebih kecil.

Biasanya sangat banyak tools untuk memperkecil ukuran gambar di google seperti compressjpeg.com, iloveimg.com, tinyjpg.com dan lain sebagainya.

Selain cara diatas, saya merekomendasikan juga menggunakan image dengan eskitensi WeBp. Dengan ekstitensi tersebut anda akan mendapatkan peforma gambar yang sangat kecil ukurannya sehingga proses loading blog akan semakin lebih cepat. Cuman untuk WeBp sendiri tidak semua tools pencarian seperti chrome, firefox, uc browser, opera mini ada yang belum mendukung.

Untuk optimasi gambar menggunakan eksitensi WeBp anda bisa lihat di blog kompiajaib.com

Ketiga, Memasang JavaScript Lazyload

Cara yang paling efektif untuk mempercepat loading blog adalah dengan menggunakan script lazy load. Sekarang banyak sekali script tersebut baik itu lazy load untuk deffer CSS dari hosting pihak ketiga, JQuery, script google analytic, google adsense, bahkan image.

Untuk script tersebut sudah saya posting pada artikel saya. Anda bisa search di blog saya ini.

Keempat, Gunakan Plugin Cache atau rel Preload

Pernahkah kalian mengunjungi sebuah website dimana saat pertama kalinya website itu terasa sangat berat, tapi saat mengunjungi lagi website tersebut terasa lebih ringan. Hal itu karena caching browser yang menyimpan file website yang sudah kalian kunjungi sebelumnya, sehingga saat kalian mengakses website tersebut langsung otomatis terbuka.

Bagi pengguna WordPress kalian bisa menginstall plugin W3 Cache dan untuk pengguna Blogger kalian bisa menggunakan rel preload.

Contohnya saja seperti dibawah ini:

<link as='script' href='https://www.google-analytics.com/analytics.js' rel='preload'/>
<link as='image' href='https://1.bp.blogspot.com/-D2dFqKSL6LM/XSsT1iio9aI/AAAAAAAABU0/d1f1b2QSlWweBiJmbx00wrgc7ibFXy3MwCLcBGAs/w640-h360-p-k-no-nu/simple-ajaib.png' rel='preload'/>

Demikianlah cara mempercepat loading blog terbukti 100% berhasil. Sebenarnya masih ada banyak cara untuk mempercepat loading blog atau website yang saat ini belum saya ketahui. Mungkin saya akan menambahkannya cara tersebut untuk anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Amin.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar