Skip to main content

Java Script Penghitung Kata Keren Buat Blogger Tau Nilai SEO Artikel

Java Script Penghitung Kata Keren Buat Blogger Tau Nilai SEO Artikel

www.azid45.web.id - Java Script Penghitung Kata Keren Buat Blogger Tau Nilai SEO Artikel.  Sebelumnya saya sudah pernah share tentang tools SEO Checker akan tetapi pada blog saya yang satunya. Untuk kesempatan ini saya akan share cara membuat tools word counter atau sering disebut juga dengan alat penghitung kata. Tools penghitung kata ini saya peroleh dari blog faronesia.com. Menurut saya tools ini sangat bermanfaat, oleh karenanya saya share ulang pada blog ini agar saya nantinya jika ingin membuat tools tersebut tidak cari-cari lagi dan tentunya bagi pengunjung blog ini juga bisa menikmatinya.

Baca juga: lazy load adsense 100% work

Dalam dunia SEO, jumlah artikel merupakan suatu hal yang berpengaruh selain reset keyword dan judul yang menarik. Semakin banyak jumlah kata setiap artikel yang kita buat maka semakin pula google akan memperhatikan artikel kita. Jadi intinya jika artikel blog teman-teman banyak lagi bermanfaat akan baik dimata google dan bisa jadi menjadi page one.

Banyak sekali yang membuktikan nilai SEO dengan jumlah artikel ini, seperti blog strukturkode.blogspot.com kebanyakan artikel beliau selalu page one meskipun keyword pencarian dan judul kadang sedikit berbeda meskipun kunci judul utama sama, misalnya saja keyword "struktur data error" maka teman-teman akan menjumpai blog strukturkode.blogspot.com dengan judul "cara memperbaiki error struktur data blog lengkap" pada page one di google search engine. Jika teman-teman lihat jumlah artikelnya berapa?, cukup banyak bahkan mencapai 1000 kata, selain itu juga terdapat sub judul yang menambah nilai jual pada SEO terhadap pencarian google.

Oleh karena itu jika teman-teman sebelum mempublish artikel pada blog, maka alangkah baiknya teman-teman melihat berapa jumlah artikel yang akan teman-teman publish nantinya serta seberapa manfaat dan informatif dari artikel yang teman-teman buat. Sebenarnya teman-teman bisa melihat jumlah kata dalam artikel teman-teman dengan menggunakan microsoft word caranya adalah dengan copas saja artikel teman-teman ke microsoft word kemudian select all dengan menggunakan "CTRL + A" setelah itu lihatlah ke bawah sebelah kiri maka akan ada tampilan info jumlah kata dalam artikel teman-teman.

Baca juga: 3 tips jitu atasi malas nulis konten blog

Akan tetapi jika artikel kita kembali copas ke blog maka akan sedikit memberatkan loading blog kita, mengapa demikian?, dalam microsoft word sejatinya memiliki struktur kode yang berbeda dengan blogger. Jika teman-teman copas tulisan di ms word kemudian ditaruh langsung ke blog maka akan terdapat kode-kode berupa style dan lain sebagainya oleh karenanya blog kita akan menjadi sedikit lebih lambat. Untuk mengatasi hal tersebut teman-teman sebelum pastekan ke blogger, teman-teman bisa pastekan ke notepad untuk menetralkan kode yang ada di ms word kemudian baru copy dari notepad dan pastekan ke blogger.

Dengan cara tersebut tentunya menurut saya agak sedikit ribet. Tulisan yang baik menurut saya adalah langsung ke media post blog. Adapun untuk mengetahui jumlah kata artikel kita, kita bisa mengetahuinya dengan tools word counter. Yaitu sebuah script yang digunakan khusus untuk menghitung kata pada artikel blog. Jika teman-teman tertarik dengan tools tersebut, teman-teman bisa memasangnya pada page statics atau laman statis. Berikut, caranya:

Baca juga: cara cloning template agar 100% berhasil

Pertama, masuklah pada blog teman-teman kemudian klik laman atau page dan klik new page kemudian pilih THML bukan compose.

Kedua, Berilah judul pada laman tersebut dengan nama "word counter" setelah itu copas kode java script berikut dan letakkan didalam postingan yang akan teman-teman buat.


<center>
Masukan teks/artikel yang akan dihitung</center>
<div id="wct_embed_counts">
<textarea id="wct_embed_input_text" rows="12" style="-moz-box-sizing: border-box; -webkit-box-sizing: border-box; box-sizing: border-box; width: 100%;"></textarea>
<br />
<div id="wct_embed_result" style="margin: 5px; text-align: center;">
<b>0</b> kata <b>0</b> karakter <b>0</b> karakter tanpa spasi <b>0</b> kata unik <b>0</b> kalimat <b>0</b> paragraf</div>
<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
function wct_getWordStats(e){var t=[],n=e.trim();t.num_character=e.trim().length;var r=n.split(/\s+/).join("");t.num_character_wo_spaces=r.length,t.num_paragraph=0,n.length>0&&(t.num_paragraph=n.split(/\n+/).length);var a=n.replace(/(\w)[-_'](\w)/gi,"$10$2");a=a.replace(/(\d)[,.](\d)/gi,"$10$2"),t.num_sentence=0,a.length>0&&(t.num_sentence=a.replace(/"/gi,"").split(/[.?!:\n]+/).length);var _=a.split(/[\s\n]+/);if(t.num_word=0,a.length>0&&(t.num_word=_.length),t.avg_sentence_length=0!=t.num_sentence?Math.round(t.num_word/t.num_sentence*10)/10:0,0!=t.num_word){var c=r.length/t.num_word;t.avg_word_length=Math.round(10*c)/10}else t.avg_word_length=0;var d=[];t.num_unique_word=0,t.percentage_num_unique_word=0;for(var s=0;s<_.length;s++)d[_[s]]=1;var u=Object.keys(d).length;return t.num_unique_word=Object.keys(d).length,percentage_unique_words=Math.round(100*u/t.num_word),t.percentage_num_unique_word=percentage_unique_words,t}function wct_display_counts(){var e=document.getElementById("wct_embed_input_text").value;wordStats=wct_getWordStats(e),document.getElementById("wct_embed_result").innerHTML="<b>"+wordStats.num_word+"</b> kata <b>"+wordStats.num_character+"</b> karakter <b>"+wordStats.num_character_wo_spaces+"</b> karakter tanpa spasi <b>"+wordStats.num_unique_word+"</b> kata unik <b>"+wordStats.num_sentence+"</b> kalimat <b>"+wordStats.num_paragraph+"</b> paragraf"}var wct_embed_result=document.getElementById("wct_embed_result");wct_embed_result.setAttribute("style","margin:5px;text-align:center;");var wct_embed_input_text=document.getElementById("wct_embed_input_text");wct_embed_input_text.setAttribute("style","width: 100%;-webkit-box-sizing: border-box;-moz-box-sizing: border-box; box-sizing: border-box;");var wct_embed_result=document.getElementById("wct_embed_result");wct_embed_result.innerHTML="<b>0</b> kata <b>0</b> karakter <b>0</b> karakter tanpa spasi <b>0</b> kata unik <b>0</b> kalimat <b>0</b> paragraf";var wct_textarea=document.getElementById("wct_embed_input_text");wct_textarea.value="",wct_textarea.addEventListener&&(wct_textarea.addEventListener("input",wct_display_counts,!1),wct_textarea.addEventListener("textInput",wct_display_counts,!1),wct_textarea.addEventListener("textinput",wct_display_counts,!1)),wct_textarea.attachEvent&&wct_textarea.attachEvent("onpropertychange",wct_display_counts);
//]]>
</script><br /></div>


Ketiga, setelah copas didalam postingan maka langkah terakhir adalah Publish atau Publikasikan.

Lihatlah hasil laman yang teman-teman buat serta perhatikan mungkin ada kesalahan.

Demikianlah artikel saya tentang Java Script Penghitung Kata Keren Buat Blogger Tau Nilai SEO Artikel. Semoga bermanfaat. Amin.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar
Close Disqus