Skip to main content

Recent Disqus

Click Here On Load Disqus

Transormasi Pendidikan Multikultural di Sekolah : Dani Nurcholis

Transormasi Pendidikan Multikultural di Sekolah : Dani Nurcholis
Konten [Tampil]
Transormasi Pendidikan Multikultural di Sekolah : Dani Nurcholis
www.azid45.web.id - Transormasi Pendidikan Multikultural di Sekolah : Dani Nurcholis adalah sebuah buku pendidikan yang membahas terkait pendidikan multikultural. Buku yang membahas terkait pendidikan multikultural ini merupakan buah tangan dari sosok pemuda tampan dari Bojonegoro "Dani Nurcholis".

Sejak menjadi mahasiswa beliau sudah mengoleksi banyak buku dan memiliki perpustakaan mini. Tidak hanya sebagai koleksi semata beliau juga setiap hari membaca buku-buku hasil yang beliau beli sehingga tak heran paradigma nalar pikir beliau membuahkan sebuah buku pendidikan terkait multikulturalisme.

Baca Juga: Paradigma Islam dalam Pembangunan Ilmu Integralistik: Membaca Pemikiran Kuntowijoyo

Latar Belakang Terbitnya Buku Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah


Buku dengan judul "Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah" sudah lama beliau idamkan dan berkeliaran di alam pikiran sebelum akhirnya dapat termanifestasi -terwujudkan- dalam sebuah karya yang membuahkan manfaat bagi pendidik secara khusus dan bagi lingkungan pendidikan secara umum.

Latar belakang buku ini dibuat tidak lain adalah hasil dari perenungan beliau sebagai penulis terkait pendidikan di Indonesia. Menurut beliau "pendidikan merupakan ujung tombak pembangunan sumber daya manusia suatu bangsa" oleh karena itu apa jadinya jika salah satu pendidikan tersebut salah urus atau salah asuh. Lanjut beliau, sejatinya sebagai patokan pendidikan, kita telah memiliki falsafah dasar pancasila, yang menjadi ruh bagaimana pendidikan ini harus berjalan. Pancasila merupakan perekat diantara kekayaan keberagaman bangsa kita, sebuah bangsa yang multikultur, bangsa yang besar dan penuh potensi serta tantangan.

Dengan latar belakang tersebut akhirnya beliau berharap dengan buku ini merupakan awal dari usaha bagaimana mengimplementasikan pendidikan yang multikultural itu ke dalam praksis pendidikan. Buku sederhana ini ingin memantik sebuah jalan membumikan wacana yang telah lama bergulir, meramu pendidikan multikultural dengan nilainilai luhur pancasila sebagai ruh kebangsaan untuk mencintai keberagaman dan merayakannya dengan semangat rasa saling menghargai di sekolah-sekolah yang nantinya akan tertransformasi ke dalam masyarakat.

Buku terkait pendidikan multikultural ini dalam pengantar yang dihadirkan oleh Dr. Mudjito, A.K., M.Si mengungkapkan bahwa "Melalui buku ini Dani Nurcholis mencoba membawa semangat multikulturalisme yang menghargai perbedaan dan merayakannya dengan harmoni dapat tertransformasikan dalam kehidupan masyarakat." Dani mencoba memberikan gambaran dalam buku ini tentang visi besar multikultural itu harus dimiliki oleh pendidik yang kemudian tertransformasi ke dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengelolaan pendidikan kita, lanjutnya.

"Buku ini cocok menjadi pegangan bagi para pejabat untuk mengambil keputusan, guru, para peneliti, pengamat, dan masyarakat umum yang punya perhatikan khusus pada pendidikan".
Ilham Khoiri - Harian Kompas

Daftar Isi Buku Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah


Buku "Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah" memiliki beberapa pokok pembahasan diantaranya adalah:

Mengapa Transformasi Multikulturalisme di Sekolah itu Penting? (Choirul Mahfud; Associate Professor bidang Agama Islam di ITS Surabaya. Pernah berkunjung di beberapa kampus multikultural, seperti di Singapura, Tiongkok dan Amerika Serikat).

Membumikan pendidikan multikultural (Ilham Khoiri, Jurnalis Harian Kompas)

Bab I: Pendidikan Multikultural, Kebudayaan, dan Identitas Kebangsaan

Bab II: Akar - akar Multikulturalisme. Pada bab ini terbagi dalam 6 historia yaitu: Indonesia tempo dulu, prasejarah, era Hindu - Budha, era kerajaan Islam, era Kolonealisme, dan Indonesia masa kini.

Bab III: Arah Pendidikan Multikultural. Pada bab ini terbagi dalam 8 pokok bahasan diantaranya: Ideologi Multikultural(isme), Harmoni Kultural, Asas Pendidikan Multikultural, Keberagaman di Era Globalisasi, Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Multikultural di Indonesia, Transformasi Manajemen Pendidikan Multikultural, dan Manajemen Pendidikan Multikultural.

Bab IV: Peta Pendidikan Multikultural di Sekolah Tumbuh. Pada bab ini terdapat 10 pokok pembahasan diantaranya adalah: Benih-benih Multikulturalisme: SD Tumbuh sebagai Kasus,  Gambaran Umum SD Tumbuh 1 Yogyakarta,  Gambaran Umum SD Tumbuh 3 Yogyakarta, Transformasi Manajemen SD Tumbuh 1, Pendidikan Multikultural SD Tumbuh 1, Evaluasi Pendidikan Multikultural SD Tumbuh 1, Transformasi Manajamen SD Tumbuh 3, Pendidikan Multikultural SD Tumbuh 3, Evaluasi Pendidikan Multikultural SD Tumbuh 3, dan Model Transformasi Manajemen Multikultural di SD Tumbuh.

Bab V: Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Tumbuh. Pada bab ini terbagi menjadi 3 pokok bahasan yaitu: Orientasi Sekolah dalam pendidikan multikultural, Pengarusutamaan Pendidikan Multikultural dan Model Evaluasi Pendidikan Multikultural

Harga Buku Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah


Jika anda seorang mahasiswa atau pendidikan dan tertarik untuk membeli buku ini kiranya anda perlu mengetahui secara rinci dari buku ini. Untuk informasi umum buku ini anda bisa melihat penjelasannya berikut:

Judul : Transformasi Pendidikan Multikultural di Sekolah
Penulis : Dani Nurcholis
Penerbit : ABIMANYU CV. Parasurama Education
Editor : Mudjito & Naufil
Penyunting : Ibnus Shofi
Layout & Design : Duendha Abdillah
Cetakan ke : I, Agustus 2019
Jumlah halaman : xxviii + 174
Ukuran buku : 14,8 x 21 cm

Jika anda tertarik untuk memiliki buku ini anda bisa membelinya secara langsung ke penulis "Dani Nurcholis" dengan menghubungi beliau melalui WA 081553323822

Berapa harganya? anda bisa memilki buku tersebut dengan harga Rp. 60.000. Harga tersebut merupakan harga yang sangat murah bagi saya karena ilmu merupakan ilmu yang sangat penting bagi kita sebagai sarana pengetahuan dan pengalaman paradigma berfikir.

Siapa Dani Nurcholis?


Dani Nurcholis
Dani Nurcholis, dilahirkan di Surabaya 15 Mei 1992 dan dibesarkan di Bojonegoro tepatnya di Dusun Bendo, Desa Sidorejo, Kec. Kedungadem. Dia menghabiskan masa pendidikan dasar dan menengah di SDN Kedungadem 3, SMPN 1 Kedungadem kemudian SMAN 1 Kedungadem. Selanjutnya pada tahun 2012 dani meneruskan studinya di UIN Sunan Ampel Surabaya dan selesai tahun 2016 setelah itu S2 di Universitas Negeri Surabaya dan selesai pada tahun 2018.

Pengalaman organisasi juga ditimbanya diantaranya: pernah menjadi Pimpinan Umum Lembaga Pers Mahasiswa Edukasi Fakultar Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya, Ketua Bidang Keilmuan IMM UIN Sunan Ampel Surabaya, Anggota Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro, serta terakhir sebagai Ketua Umum PC IMM Kota Surabaya. Dani juga aktif dalam kegiatan-kegiatan komunitas di tanah kelahirannya pernah berkecimpung di komunitas Blarak Bendo untuk wadah kreatifitas remaja dan pemuda dan lainya.

Pengalaman sebagai peneliti diantaranya, pada program penelitian Otonomi Award 2018 oleh The Jawa Pos Institute Pro-Otonomy (JPIP), sebagai asisten peneliti program penelitian Dakwah Salafi oleh PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pengalaman sebagai pengajar sampai sekarang menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Widya Kartika Surabaya, serta sebagai PTT di SMP Negeri 28 Surabaya.
Reactions
PERHATIAN:Jika anda mendownload di blog ini, maka anda akan di redirect terlebih dahulu ke laman Short Safelink untuk keamanan blog. Oleh karena itu jika terjadi error 404 maka terjadi kesalahan dalam klik di laman redirect atau terjadi refresh laman redirect. Untuk mengatasinya anda bisa mengulang kembali klik file yang akan anda download di blog ini. Dan Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami dengan Klik Disini atau nomor berikut 089677337414 - Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui
Buka Komentar
Tutup Komentar